[EBook] Love, Lemon, and The Last Kiss by Ida Ernawati


Judul buku: Love, Lemon, and The Last Kiss
Penulis: Ida Ernawati
Editor: Husfani Putri
Cover: Marcel A. W.
Terbit: Juni 2015
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku: 192 halaman
ISBN: 9786020316086
Harga: Rp 48.000 (sebelum diskon, gramedia.com)
Format: EBook IJakarta

Love, Lemon, and The Last Kiss bercerita mengenai Delia yang tiga bulan ini bekerja di hotel The Lemon, dan kurang nyaman dengan Ardan, salah satu rekan kerjanya. Alasannya, Ardan kerap telat dan tidak masuk kantor mendadak. Semua maklum dengan kondisi Ardan yang harus mengurus istrinya, Socha, yang sedang koma. Delia awalnya simpati. Setelah beberapa kali kejadian, ia pun geram. Namun setelah itu Delia merasakan perasaan lain. Apalagi setelah kejadian ciuman di dalam mobil.

Ada juga sosok Reza, teman masa lalunya, yang langsung melakukan pendekatan kepada Delia. keadaan ini membuat Delia dilema harus memilih siapa antara Ardan yang sudah beristri atau Reza yang belum benar-benar ia cintai.

Ide cerita novel ini awalnya menjebak rasa simpati pembaca, akan memilih siapa. Saya sendiri justru mendukung jika Delia memilih Reza. Ardan bukan pria yang loveable mengingat dia sudah beristri meski pun istrinya sedang koma. Pembaca kemudian dibuat bingung dengan bagian meninggalnya Socha. penulis seakan-akan ingin membuat posisi Ardan menjadi loveable. Lagi-lagi penulis membuat pembaca bingung sebab sebelum Socha meninggal, Delia sudah bertunangan dengan Reza.

Gemes, itulah yang saya rasakan ketika mengikuti cerita Delia. Konflik yang membingungkan begini membuat saya merasa terus penasaran. Penulis pun mengakhirinya dengan ending novel yang adil. Ending-nya bagaimana, sebaiknya baca sendiri novelnya.

Saya sedikit menyayangkan keputusan penulis meringkas cerita kencan-pertunangan antara Delia dan Reza. Semua dirangkung dalam narasi. Padahal jika dibuat rinci akan sangat membuat pembaca hanyut dengan kebimbangan Delia.

Setting yang mengambil Kota Batu membuat saya penasaran keberadaan hotel The Lemon ini. Katanya (menurut narasi) perpaduan kubah dan langitnya sangat memikat. Dan penggunaan plot maju-mundur membuat cerita tersampaikan dengan baik. Dibuka dengan waktu awal 2013, kemudian mundur ke awal 2012, cerita diakhiri dengan meneruskan awal 2013 tadi. Rentang itu terceritakan dengan manis perjalanan cinta Ardan-Delia-Reza.

Karakter yang muncul selain Ardan, Delia, dan Reza, muncul juga sosok Anya dan Bahtiar. Anya ini teman Socha dan rekan kerja Delia, yang menurut saya menjadi semi antagonis. Perannya lebih condong menghalangi hubungan Ardan dan Delia karena ia tahu betul bagaimana cerita cinta Ardan-Socha sangat memprihatinkan. Sedangkan Bahtiar berperan netral. Ia hanya mendengarkan curhatan Delia dan memberikan saran sebagai orang yang tidak memihak siapa pun.

Novel ini sangat manis dibaca oleh penyuka cerita cinta-cintaan tapi bukan yang ala SMA. Akhirnya saya memberikan rating 3 bintang dari 5 bintang.

2 comments:

  1. Jadi unsur Lemon diceritanya menyangkut soal setting tempat yang ada di hotel Lemon. Kukira mengambil lokasi tempat di suatu daerah yang terkenal dengan buah lemon nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, Lemon di novel ini lebih ke nama hotel dan minuman kesukaan Delia. Bukan setting tempat penghasil buah lemon.

      Delete