[Artikel] Tentang Giveaway


Cara bagi pecinta buku untuk memperoleh buku gratis yaitu ikut kontes buku atau lebih dikenal disebut giveaway. Pengertian kontes buku adalah sebuah promosi buku yang dikemas jadi kontes dengan hadiah berupa buku yang diberikan tidak secara langsung atau butuh waktu untuk mengirimkannya.

Pelaksana kontes buku ini biasanya dilakukan oleh penerbit, penulis, komunitas buku, dan blogger buku. Dengan tujuan untuk mengenalkan peristiwa atau buku baru dengan harapan peristiwa atau buku baru tersebut dikenal lebih luas. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mengikuti kontes buku. Yang sudah umum digunakan adalah mempunyai alamat di Indonesia, harus mengikuti akun media sosial pelaksana kontes buku, harus mempromosikan kontes buku di media sosial, beberapa pelaksana mengharuskan menjawab pertanyaan, dan ada juga yang mengharuskan membuat ulang artikel kontes buku di media sosial atau blog peserta.

Pemenang kontes buku ini ditentukan dengan beberapa cara. Ada yang menggunakan sistem undian melalui aplikasi online, ada yang ditentukan berdasarkan jawaban yang paling menarik, dan ada juga yang ditentukan oleh keaktifan peserta mempromosikan kontes buku. Semua cara tersebut menurut saya sah, karena peraturan kontes buku dikendalikan oleh pelaksana.

Kontes buku diadakan dengan periode waktu tertentu. Bisa selama sehari, tiga hari, seminggu, bahkan sebulan. Pemenang akan diumumkan setelah masa kontes berakhir melalui blog atau media sosial.

Hadiah yang sudah dipersiapkan akan dikirim ke alamat pemenang setelah datanya lengkap. Pengiriman hadiah inilah yang menjadi alasan kenapa kontes buku biasa disebut giveaway.


Seiring dengan banyaknya buku yang terbit, banyak blogger buku yang sedang mengadakan kontes buku atau giveaway. Dan dari pengamatan saya, ada beberapa blogger buku yang artikelnya lebih banyak berupa kontes buku dalam setiap bulannya. Ini menjadi indikator blogger tersebut dipercaya banyak pihak untuk berpromosi. Saya yakin untuk mencapai posisi demikian ada proses panjang yang sudah dilalui.

Bagi blogger buku ada keuntungan menjadi pelaksana kontes buku yaitu mendapatkan buku gratis, menambah jumlah pengikut atau pengunjung blog, dan kadang menambah perkenalan. Berdasarkan pengalaman pribadi, sebelum jadi pelaksana kontes pengikut blog saya hanya lima orang, setelah menjadi pelaksana kontes buku pengikut blog saya melonjak ke angka delapan puluh lebih. Ini jadi cara yang mudah untuk menaikan jumlah pengunjung blog atau pengikut akun.

Kesulitan menjadi pelaksana kontes buku antara lain; harus mengikuti jadwal dan aturan yang sudah ditentukan (waktu artikel terbit, konten artikel), penilaian terhadap buku yang menjadi lebih lunak, wajib aktif berpromo tentang buku tersebut, dan harus melakukan perekapan peserta sebelum diundi. Untuk beberapa blogger buku, kesulitan tersebut sudah tidak terasa karena jam terbang mereka sudah banyak sehingga mereka sudah biasa mengatur langkah-langkahnya dengan baik. Bagi saya sendiri menjadi pelaksana kontes buku memang butuh komitmen. Itulah yang menjadikan alasan kenapa saya lebih suka menjadi peserta.

Demikian informasi yang saya tahu dan saya bagikan mengenai kontes buku atau giveaway. Semoga artikel ini menambah pengetahuan di sekitar kegiatan blogger buku. Jika ada pendapat saya yang keliru, silakan untuk tidak sungkan menyampaikannya melalui kolom komentar atau lewat email saya di hapudincreative(at)gmail(dot)com. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Kamu mau jadi penyelenggara giveaway atau peserta giveaway?

***

Artikel sebelumnya:

12 comments:

  1. Artikel yang menarik! Kalau pengalamabln hana, tergantung penerbitnya sih soal review buku jadi lunak.. Tergantung jadwal sih, kalau lagi sibuk lebih baik jadi peserta ga,tapi kalau ngga sibuk, seneng jadi host karena udah pasti dapat bukunya. Hehe yup giveaway menaikkan drastis followers tapi gue ngerasa sebagian dari mereka bukan followers loyal jadi jumlah followers ngga berbanding lurus dengan jumlah view blogpost :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jumlah blogger yang jadi follower tidak bisa dijadikan patokan view blognya banyak. Hahaha. Bingung kalau soal ini :)

      Delete
    2. Maaf ikut komen. Ttg view, jumlah view sebenarnya terakumulasi tiap hari. Misal sehari ini saya update satu artikel lalu cek artikel tsb d blog. Nah page view otomotis menghitung 'satu view'. Belum nanti kalau kita ngecek berkali2. Belum lagi...kalau tiap peserta yg datang d blog ini datang tiap beberapa jam karena kepo dg jawaban pengunjung lain yg ikut giveaway d blog ini. Nah hal2 demikian lah yg membuat traffic viewer terlihat banyak dibanding jumlah pengunjung yg sesungguhnya. Ah iya, jangan lupakan adanya pengunjung yg 'terdampar' di blog ini karena mengikuti hasil pencarian lewat google, dan banyak kemungkinan lainnya.

      Delete
    3. Wah, nambah pengetahuan lagi nih soal asal muasal viewer :)

      Delete
  2. Jadi peserta. Aku susah bgi waktu dan gk telaten/ tekun ngurusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan. Mari kita ramaikan banyak giveaway!!! :)

      Delete
  3. Sukses untuk kita para blogger
    jangan lupa kunjungan balik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses juga buat kamu. Insya Allah saya segera berkunjung ya.. :)

      Delete
  4. caranya jadi blogger buku itu gimana kak? bisa berbagi ilmu dong hehehe

    ReplyDelete
  5. Gampang saja, kamu suka baca buku dan silakan bikin blog yang mengulas buku-buku yang kamu baca dan artikel yang berkaitan dengan buku. Akan lebih bagus jika blog tadi tidak memuat hal di luar tentang buku. :)

    ReplyDelete
  6. Dulu sering banget ikutan giveaway, sekarang kayaknya kasih kesempatan dulu buat teman-teman lain yang timbunannya masih normal kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, betul sekali. Habiskan saja dulu timbunan. Aih, jadi kepikiran buku-buku yang belum dibaca.

      Delete