[Buku] Heartwarming Chocolate by Prisca Primasari

Buku: Heartwarming Chocolate
Penulis: Prisca Primasari
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Perancang & ilutrasi sampul: Nocturvis
Pemeriksa aksara: Mia Fitri Kusuma
Penata aksara: Nuruzzaman
Penerbit: PT Bentang Pustaka
Cetakan: Pertama, September 2016
Tebal buku: iv + 228 halaman
ISBN: 9786022911395
Harga: Rp49.000 (sebelum diskon, via bentangpustaka.com)





Saya ucapkan terima kasih atas hadiah istimewa dari Penerbit Bentang Pustaka untuk kuis #Yummylit. Novel Heartwarming Chocolate karya Prisca Primasari ini sudah diidamkan sejak ia wara-wiri di timeline twitter. Curhat sedikit, saya sampai beli di salah satu toko buku online tapi stok pada saat itu sedang kosong. Sedikit kecewa. Dan ternyata obatnya adalah saya menang di kuis #Yummylit ini.

Serial terbaru dari buku yang diterbitkan Penerbit Bentang Pustaka mengusung tema makanan atau minuman manis. Sesuai judul buku ini, cokelat menjadi pilihan bahan manis yang dipilih Prisca sebagai pecinta cokelat. Tema lain di novel ini adalah tema percintaan dan tema keluarga.

Heartwarming Chocolate mengisahkan perempuan berusia 25 tahun bernama Viola, yang bertemu dengan Auden berumur 22 tahun, di kedai Marzipan. Saat kedai Marzipan ditutup selamanya, mereka berdua merasa sedih. Setelah mendatangi Ibu Elisa, si pemilik kedai, keduanya justru ditantang untuk membuat minuman cokelat seenak yang di Marzipan.

Ternyata... novel ini bukan sekadar cerita soal membuat minuman cokelat hingga rasanya sama dengan yang di Marzipan. Minuman cokelat hanya objek cerita saja. Berkat minuman cokelat, kisah cinta Viola dan Auden yang malu-malu lahir. Berkat minuman cokelat juga, hubungan Auden dengan adiknya, Reagan, menjadi baik.

Saya mendapat kesan di novel ini, penulis mengungkap lebih banyak konflik keluarga. Selain hubungan buruk Auden dengan adiknya yang dimulai sejak orang tua mereka meninggal akibat kecelakaan, ditemukan konflik keluarga lain yaitu hubungan Viola dengan kedua orang tuanya yang sudah cerai dan terpisah jauh. Saya sendiri lebih suka konflik kedua. Lalu, bab ‘Journey’ menjadi bab mengharukan dibandingkan bab lain.

Karena buku ini membahas cokelat, ada beberapa nama atau istilah cokelat yang ditemukan seperti; Unsweetened Chocolate, Cokelat Rokkatei, Cokelat Callebaut, Cokelat Dark Caotina, Nutella, dan ada beberapa lagi. Kurangnya, penulis tidak menggambarkan secara rinci istilah atau nama cokelat tersebut sehingga saya sendiri tidak bisa membedakan jenis cokelat-cokelat yang disebut. Dan satu lagi, penulis terlalu menggali menu rasa manis tanpa diselingi menu asin atau gurih atau pedas, sehingga saya kenyang memikirkan menu manis dan berasa tidak mau makan manis dulu.

Jadi, keluarga itu sangat berharga. Orang paling dekat, ya keluarga. Tidak baik menyimpan masalah di keluarga. Apalagi sampai menjauhkan anggota keluarga. Jujur merupakan nilai yang harus ada dalam keluarga agar masalah lebih cepat diatasi dan tidak berlarut-larut.


Rating dari saya: 3/5

4 comments:

  1. Wiiihhh cepet banget bacanya mas adin, uda direview aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah sudah selesai baca. Jadi saya langsung resensi saja, hehe :)

      Delete