[artikel] Jelang 2017


Tahun baru tinggal menghitung hari saja. Tahun 2016 ini banyak kejadian mengesankan selama saya mengendalikan blog ini. Sebagai manusia biasa, saya juga belum puas dengan pencapaian kemarin. Ada banyak buku yang diinginkan, tapi belum terkabul. Ada keinginan bikin giveaway setiap bulan sekali, tapi belum terlaksana. Saya tidak tutup mata. Hanya saja memenuhi harapan juga butuh perhitungan.

Jelang tahun 2017, saya mencatat di selembar kertas apa saja yang mau dilakukan pada blog ini. Supaya enggak bosan, saya tambahkan beberapa perubahan. Tidak terlalu bikin kaget, menurut saya itu cukup memberi perbedaan. Kalau pun ada kesamaan dengan blogger lain, yah, tambah satu orang seperti saya tidak akan jadi saingan kalian, apalah aku mah.

2016
Saya lupa bulan apa saya ikut tantangan baca goodreads, tapi jadi bagian dari tantangan itu ternyata seru. Saya jadi lebih fokus. Pas sedang ngaco dan mood turun untuk baca, saya sampai bikin permainan baca buku, mengundi buku yang akan dibaca seperti konsep arisan. Walau pun permainan tadi berlangsung hanya dua kali saja. Namanya juga memancing minat baca, hehe.

Saya juga senang karena dipilih menjadi host blogtour. Apalagi blogtour untuk buku yang bagus. Saya tambah semangat. Selain menambah buku bacaan, saya senang jadi perantara memberi buku kepada yang lain. Saya doakan, yang kemarin kerja sama, tahun ini kerja sama lagi. Kalau pun enggak, saya doakan buku-buku lainnya tambah laris.

2017
  • Ada laman Pojok Penulis. Sengaja saya bikin laman ini untuk mendekatkan diri dengan penulis. Tugas beratnya adalah mengikuti karya-karya penulis agar artikel penulis tersebut berkelanjutan dan berkesinambungan. Pertanyaan yang muncul pun acak sesuai keinginan saya. Tidak perlu rencana. Tahu hasilnya saja.
  • Ada laman Kutipan. Laman ini jadi wadah kutipan buku paling super. Ketika judul buku disebutkan, kutipan itu langsung teringat. Kutipan yang masuk laman ini adalah kutipan paling mewakili bukunya.


  • Target baca tahun 2017 adalah 53 buku. Tahun 2016 dengan target 100 buku, gagal. Saya menurunkan jadi 53 buku. Konsentrasi saya akan berubah, bukan pada jumlah. Melainkan pada pesan buku. Sehingga buku yang saya baca memberikan pelajaran mendalam. Dengan membuat resensi, semoga nilai buku tertular ke yang lain.
  • Ada giveaway. Ini semacam syukuran. Saya belum pastikan akan digelar per berapa waktu. Doakan supaya rezeki saya berkah, biar sedikit tapi cukup untuk membeli hadiah buku.
  • Aktif di twitter @adindilla. Mungkin selama ini saya bisa dibilang enggak aktif di twitter. Kalau pun muncul itu untuk sebar artikel blog. Jarang sekali menyapa sesama blogger. Pokoknya saya bakal gunakan twitter lebih maksimal untuk blog. Kalau akun IG, saya hanya syarat. Dasarnya saya kurang suka. Yah, yang penting punya akun toh!


*******
Kayaknya segitu saja dulu artikel yang mengulas jelang 2017. Jika di tengah perjalanannya muncul ide segar dan unik, saya akan gunakan di blog. Sayang sekali kan blog hanya diisi dengan hal-hal yang sama rata dengan tahun 2016. Melakukan perbedaan untuk kemajuan bukan dosa. Semangat ngeblog!

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete