[Buku/Komik] Finding My Home by Yugi Yamada

Judul: Finding My Home
Penulis: Yugi Yamada
Alih bahasa: Martina Rosmawati
Penyunting: Driartha Vera
Desainer Grafis: Pugpigpow
Penerbit: PT Gramedia
Terbit: Juni 2013
ISBN: 9786022661344
Harga: Rp22.500 (sebelum diskon, via gramedia.com)

Setelah kemarin kenalan dengan Arisu Arisugawa dan Hideo Himura yang suka membantu detektif mengungkap misteri kriminal di komik Mystery of Russian Tea, kini saya ajak kamu untuk berdrama di komik Finding My Home karya Yugi Hamada. Menurut pengakuan penulisnya, komik ini dikerjakannya dengan santai dan diakui hanya 1-2 bab setahun proses pembuatannya. Dan selama pembuatan komik ini, penulis serasa ditantang sebab ia tidak pandai menggambar wanita.

Kamu sedang mencari rumah atau apartemen? Mampir sebentar ke agen Kamiyama Properti. Di sana akan ditawarkan banyak pilihan rumah dan apartemen, dari yang murah hingga yang mahal, dari yang bagus hingga yang biasa saja. Uniknya, agen properti ini dikelola oleh empat pria; Pak Presdir yang dijuluki si Bos bernama Matsuda, keponakan si bos yang dijuluki si Kacamata bernama Kuniaki Kamiyama, si Smiley yang bernama asli Satoharu Takei, dan si Sexy yang bernama asli Kazumi Shibata.


Mengikuti cerita Finding My Home, kita akan diajak menyelami konflik masing-masing karakter yang muncul. Di Moving 1 (penyebutan bab diganti dengan kata moving), kita akan diajak menyelami perasaan si Kacamata yang menyimpan perasaan pada klien perempuan muda bernama Saki Kawano. Saki ini sedang mencari cinta masa kecilnya. Berbekal alamat apartemen yang dikelola agen Kamiyama Properti pada amplop, Saki berharap bisa bertemu dengan Tai Chan. Harapannya, cintanya akan berbalas, ternyata tidak setelah Tai Chan ia jumpai. Kekecewaan yang dirasakan Kawano justru menumbuhkan perasaan suka di hati Kuniaki.

“Sudah lupakan saja aku. Rajutlah sweater baru untuk orang lain.”

Kasus pemukulan yang dilakukan kekasih diangkat kisahnya di Moving 2, yang fokusnya ke karakter si Smiley. Suatu hari adiknya si Smiley membawa temannya yang bernama Shiori Sasaki ke apartemen. Ia hendak menitipkan temannya itu. Shiori lari dari rumah pacarnya karena mendapati pacarnya sedang dengan perempuan lain. Karena kondisi keuangan yang buruk, Smiley mencoba membantu Shiori mendapatkan tempat tinggal yang sesuai. Kebersamaan itu membuat Smiley merasa nyaman berada di dekat Shiori. Smiley yang suka pindah-pindah tempat tinggal membuka rahasia alasannya. Dan asal tahu saja, Shiori ini ahli meramal lho!

“Yang keluar adalah ‘wheel of fortune’.Artinya, masalah yang sudah menghantuimu akan ada penyelesaiannya. Kamu akan menemukan apa yang kamu cari.”

Moving 3 menceritakan tentang bagaimana si Kacamata memendam perasaanya kepada Kawano. Saya merasa tidak perlu dijelaskan, ceritanya manis dan hangat, silakan langsung baca saja komiknya. Lanjut ke Moving 4, menerangkan bagian si Sexy. Ia menghadapi klien wanita cantik bernama Noriko Nakagawa yang seorang guru SMP. Ia memutuskan mencari tempat tinggal baru setelah mendapatkan masalah dari salah satu orang tua murid yang tidak terima anaknya main ke rumah guru tersebut. Si Sexy yang dasarnya suka menggoda dan agresif tidak malu-malu lagi mengungkapkan perasaannya pada Nakagawa. Sayangnya, Nakagawa menolaknya. Usut punya usut, Nakagawa lebih suka pria yang kebapakan.

Pada Moving 5 cerita lebih banyak mengungkapkan kelanjutan hubungan si Smiley dan Shiori. Sedangkan di Moving 6 cerita mundur ke tahun 1996 ketika terjadi perjumpaan si Bos dengan istrinya; Hana. Kisah berkembang dengan bumbu romance yang kental, bagaimana si Bos akhirnya bisa menikah dengan Hana. Hana ini adalah anak ketiga dari pemilik Kamiyama Properti. Pada tahun itu, Kamiyama yang sudah berumur 70 tahun harus opname di rumah sakit karena sakit tumor di perut. Bisnis Kamiyama Properti tutup sementara. Dan karena tidak bisa mengabaikan telepon dan keluhan klien, Hana akhirnya memutuskan mengambil alih tugas itu. Ia kewalahan. Beruntung ada Matsuda yang bisa diandalkan. Ide menikah yang diutarakan Hana terlintas begitu saja dengan impian ia dan Matsuda akan mengelola bisnis ini berdua.

“Menikahlah denganku, lalu bisa kita urus kantor ini berdua.”

Pada Moving 6 ini akan ditemukan kisah keluarga yang mengarukan. Moving 6 ini jadi favorit saya.


*****
Komik itu hanya lembaran-lembaran gambar yang berisi dialog-dialog tokohnya. Tapi, saya baru sadar jika dipahami ceritanya, akan ditemukan banyak sisi, banyak pelajaran, dan banyak pesan yang disampaikan komikus. Kasus pemukulan oleh kekasih bukan hanya fiksi semata. Baru-baru ini pun di Indonesia sempat heboh kasusnya yang mengakibatkan korban masuk rumah sakit.

Ajaran untuk berbakti kepada orang tua sangat hebat disampaikan Yugi Yamada. Melalui tokoh Hana, pesan itu disuarakan lantang, meskipun Hana ini bukan anak kandung Kamiyama.

“Akulah bayi itu. Suami istri itu tidak punya keluarga. Akhirnya aku diadopsi oleh suami istri pengelola apartemen. Mungkin karena beda umur yang sangat jauh, aku sangat disayang oleh kakak-kakakku.”

Bonus menarik membaca komik Finding My Home ini, kalian akan menemukan beberapa sketsa ruangan. Kalian bisa jadikan inspirasi ketika ingin membuat rumah.

Jadi, bagi kalian yang menyukai komik drama yang komplit temanya, komik Finding My Home ini bisa dijadikan pilihan tepat untuk dicoba. Selamat membaca komik!


Jadi, komik drama apa yang sudah kalian baca?

2 comments:

  1. hadeh baru aja kemarin digoda komik misteri dan akhirnya memutuskan beli... sekarang dibikin pengen lagi beli komik ini T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh atuh dishare resensi komik misterinya :)

      Delete