Lima Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Puasa


Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Seluruh umat Islam bersiap menjalankan ibadah puasa. Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa harus diupayakan semaksimal mungkin agar amal puasa kita diterima Allah SWT, bukan hanya mendapatkan lapar-haus tetapi nol pahala.

Menurut saya ada lima hal utama yang seharusnya dipersiapkan sebelum berpuasa di hari pertama. Sebenarnya kalau dicari, banyak artikel lainnya yang membahas persiapan berpuasa juga. Namun saya pun memiliki versi sendiri.

Apa saja hal tadi?

Silakan disimak penjelasannya berikut ini:

1. Niatkan hati seikhlas mungkin untuk berpuasa.
Niat menjalankan apa pun harus selalu dilakukan di depan. Nilainya akan bertambah ketika niat tersebut dibarengi rasa ikhlas. Cara ini dilakukan untuk mengubah 'beban menjalankannya' menjadi kegiatan yang menyenangkan. Termasuk saat akan menjalankan puasa. Berniat dengan ikhlas menjalankan puasa diharapkan memberi kekuatan dalam menjalankan puasa sejak usai waktu sahur hingga tiba waktu berbuka.

Bagi beberapa orang menjalankan puasa seperti beban. Kebiasaan ngopi pagi-pagi, ngemil di jam kerja, dan makan siang ditemani minuman segar, otomatis tidak bisa lagi dilakukan. Perubahan ini yang butuh adaptasi saat awal-awal berpuasa. Dengan niat berpuasa yang ikhlas, semoga kebiasaan tadi dapat dihentikan selama bulan Ramadhan tanpa menimbulkan syok yang berarti.

2. Memohon maaf atas segala salah dan saling mendoakan agar dilancarkan berpuasa.
Setelah berniat yang ikhlas, disarankan untuk meminta maaf ke orang-orang terdekat atas salah dan khilaf. Ketika menjalankan ibadah di atas kebencian dan kekesalan orang lain, secara tidak langsung akan mempengaruhi suasana puasa. Bakal tidak nyaman ketika kita berpuasa kemudian rekan kerja mendiamkan kita karena ada salah yang tidak kita sadari. Maka dari itu, memohon maaf InsyaAllah akan membuat puasa kita menjadi lebih menyenangkan.

Selain meminta maaf, lanjutkan juga meminta doa agar selama menjalankan puasa diberikan kelancaran. Kita tidak pernah tahu selama menjalankan puasa akan ada kejadian apa. Bisa saja kita sakit, bisa saja kita terkena bencana alam. Dengan meminta doa serta mendoakan kebaikan kepada yang lain, semoga segala halangan yang akan datang selama kita berpuasa dijauhkan oleh Allah SWT.

3. Membatasi kebiasaan buruk selama berpuasa.
Siapa pun pasti memiliki harapan puasanya berbuah pahala. Untuk menjadikan hal itu kita dituntut berusaha untuk berpuasa dengan benar. Salah satu yang harus dilakukan adalah membatasi kebiasan buruk yang selama ini dilakukan sehari-hari. Contohnya seperti membicarakan keburukan orang lain, berbohong, berjanji palsu, menonton tayangan tercela, bergosip, dan masih banyak kebiasan remeh yang kerap dilakukan padahal sudah tahu kalau itu kebiasaan buruk.

Melakukan kebiasan buruk di bulan Ramadhan akan mengurangi nilai puasa kita. Dan membatasi kebiasaan buruk di bulan Ramadhan bisa juga menjadi terapi mengurangi kebiasan tersebut di waktu ke depannya. Secara tidak langsung, kita sebenarnya sedang memformat kepribadian kita dengan kebiasaan baik. Semoga setelah lulus melewati bulan Ramadhan ini, kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Memilih dan mengukur makanan dan minuman saat berbuka puasa dan saat sahur.
Ini poin penting yang harus diingat karena kebanyakan orang berpuasa akan menjadi orang rakus pada makanan dan minuman saat berbuka puasa dan saat sahur. Segala makanan dan minuman akan dibeli dan dinikmati tanpa dipilih. Seakan waktu berbuka dan sahur adalah waktu balas dendam usai beberapa jam berpuasa.

Kita pun mengabaikan kesehatan akibat makanan dan minuman yang kita konsumsi secara berlebihan. Bukan tidak mungkin pada sepuluh hari pertama kita bisa saja tumbang akibat sakit yang disebabkan pola makan yang kebablasan.

Untuk itu sudah menjadi keharusan bagi kita yang akan berpuasa untuk memilih dan mengukur porsi makanan dan minuman yang akan kita konsumsi saat berbuka atau saat sahur. Ini dilakukan demi kesehatan dan kelancaran kita selama berpuasa.

5. Lakukan olahraga walaupun dalam repetisi kecil.
Ada dua alasan yang biasanya dikemukan oleh orang-orang yang tidak berolahraga di bulan Ramadan. Pertama, berpuasa itu bikin badan lemas dan lemah. Kedua, di bulan Ramadhan ini sedang memperbanyak ibadah jadi tidak ada waktu buat olahraga.

Padahal penting juga menjaga badan tetap prima selama berpuasa. Kedua alasan di atas memang benar. Namun, bukan berarti tidak bisa diakali cara berolahraga di bulan Ramadhan.

Lakukan olahraga di luar waktu berpuasa. Yang paling memungkinkan adalah setelah solat tarawih. Olahraga membantu membakar kalori dan lemak di tubuh dari makanan dan minuman yang kita lahap saat berbuka. Sehingga bisa memperkecil jumlah endapan lemak jahat di tubuh.

Gunakan repitisi kecil saat berolahraga jika kalian takut olahraga menambah lemas. Misalkan, biasanya melakukan push up sebanyak 200 kali, selama bulan Ramadhan boleh diturunkan menjadi 50 atau 75 kali. Dengan begini, tubuh akan tetap terjaga dan tetap sehat.

Di samping bermanfaat untuk kesehatan, tetap melakukan olahraga di bulan Ramadhan sama saja sedang menjaga rutinitas baik tersebut. Karena banyak sekali orang yang setelah berhenti olahraga, untuk memulai laginya kesulitan akibat malas.

Nah, itulah kelima hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan menjelang berpuasa. Sebenarnya masih banyak yang masih harus dipersiapkan menjelang puasa, namun sisanya silakan kalian share di kolom komentar atau bisa kalian cari di artikel blogger lain.

Mari lakukan puasa di bulan Ramadhan ini dengan suka cita untuk meraih pahala.

Catatan:
Gambar diunduh dari web www.behance.com

9 comments:

  1. Sebagai org yang sering memperhitungkan apa2nya dgn cermat, saya merasa gagal karna gak memperhitungkan apa2 saat mau puasa. Niat doang udah. sisanya jadi budak dunia lagi. :( walo emang udah nggak ngerasa terbeban ama puasa, karna masih rutin buat nggak makan seharian tiap minggunya, tapi tetep aja jadi nggak dapat banyak ibadah saat puasa. sahur, buka, tarawih, tidur. gitu aja. makasih, Din, kudu beneran nguatin niat dalam ningkatin ibadah ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selagi ketemu momen memang sebaiknya diupayakan, hehehe. Kita saling mendoakan saja semoga mendapatkan banyak kebaikkan kebaikkan di bulan Ramadhan kali ini.

      Delete
  2. Semoga kelima hal tersebut bisa kita lakukan sungguh-sungguh ya, Mas.
    Thank for sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Rabb. Supaya mendapatkan apa yang diharapkan selama ini.

      Delete
  3. Kegiatan jelek gua, ngupil... kayaknya harus ditinggalin dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah. Memasukkan jari tangan ke lubang dan bikin nikmat, awas batal puasae! Hehe

      Delete
  4. saya paling senang kalau Ramadhan itu tiba, entah kenapa kita umat muslim walaupun setiap tahun melewati Ramadhan tapi tetap saja terasa ada sesuatu yang baru terjadi, apalagi kalau udah idul fitri rasanya seperti baru memulai dari awal lagi. Itu yang saya rasakan, benar ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Ibarat kolam, abis idul fitri tuh kayak abis dikuras, disikat, diisi air bersih baru lagi.

      Delete
  5. Ramadhan yang selalu dirindukan, suasana Ramadhan memang berbeda dengan bulan-bulan lainnya, terimakasih tips-nya bro...

    ReplyDelete