Maju Tak Gentar! Ngeblog di Ponsel

Saya lupa udah berapa lama ngeblog gak pake laptop. Beberapa postingan terbaru itu dibikinnya di ponsel, kemudian diedit dan dipublikasikan di blogger lewat komputer kantor. Rada keteteran sih, cuma untuk sekarang ini belum memprioritaskan buat beli laptop dulu. Soalnya masih banyak pos yang harus didahulukan.

Pokoknya komputer kantor sangat ngebantu buat eksekusi postingan :)


Aslinya sulit banget mengimprovisasi tulisan pas ngedraft di ponsel. Layar yang terbatas dan tuts yang kecil bikin ngerjain artikel butuh niat yang gede banget. Kadang gemes banget pas lagi ngetiknya. Buat ngehapus kalimat yang salah atau paragraf yang kurang menarik saja mesti sabar karena ngehapusnya huruf demi huruf.

Oya, tulisan ini dibuat semata-mata untuk jadi pengingat kalau saya pernah mengatakan, "Saya baik-baik aja", kalau-kalau di masa depan saya mengeluh gara-gara mesti ngeblog via ponsel. Tapi tetep sih berdoa semoga segera kebeli laptop barunya, hehehe.


 Kondisi:
 1. Saya pakai ponsel Evercoss type M53 (layar 5.34 Inch, kamera belakang 8MP)
 2. Saya menggunakan aplikasi Blogger untuk ngedraft artikel.

Biarpun saya pakai ponsel, semoga kegiatan ngeblog saya nggak terganggu. Walau kenyataannya udah kerasa banget ada penurunan ngeposting artikel. Bahkan banyak artikel setengah jadi yang dihapus gara-gara alasan, "Ribet ah ngeditnya. Mending bikin baru lagi."

Nah lho, sampe segitunya.

Meski kondisinya begitu, ini malah menantang saya untuk aktif ngeblog lagi. Ibarat masak air, udah matang banget, meluap-luap bergulak. Tentu saja sisi penyajian artikel bakal jadi PR besar dengan keadaan yang terbatas begini. Improvisasi dan kreatifnya harus pelan-pelan dan gak boleh nyerah uji coba sampe bisa dan terbiasa.

12 komentar:

  1. inspirasi sekali kang adin....

    BalasHapus
  2. kalau kesulitan ngeditnya mas, mending pakai aplikasi note untuk smartphone. ngetik disana, ketik disana. kalau udah kelar, tinggal paste ke aplikasi bloggernya.

    tp memang sih susah ngeblog lewat hp. itu berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah saya belum nyoba euy pake note. Jumlah karakternya terbatas atau gimana ya? Harus dicek dulu. Hehe

      Hapus
  3. iya mas. kurang puas sebenarnya pake ponsel. tapi kalo seketika tidak ditulis bisa lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Kalo buat ngedraft kayaknya sangat oke lah. Kalo pas ngedit itu yang bikin gerrrrrr.. haha

      Hapus
  4. Aishhh... Bener banget bang... klo ake sih di hp buat ngedraft doank buat catatan klo ada pemikiran langsung ketik gtu... edit tetep di laptop... Biar gak lupa ide ide yg muncul di pikiran.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata sama, ngedraft doang. Aseeklah yang dibantu laptop sih. Hehe

      Hapus
  5. Wanjir. Hormat sebesar2nya saya berikan kepadamu, wahai ceesku adin! Pernah nyoba nulis di hape,gak sanggup bukan karena faktor enak/nggaknya, tp karena mikir jadi agak susah klo gk di depan laptop/pc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh cuy kalo saya mesti milih, mending di laptop, ide sama ngetik kayak kawin, lancar. Hahaha.

      Hapus
  6. iya emang beda kalo ngetik lewat komputer sama lewat hape, kalo lewat komputer kayak bisa ngalir gitu nulisnya, cepet jalan.
    Kalo untuk ngedit lewat hape, saya biasanya pake aplikasi Blogger yang Ercan Duman, itu kalo dibuka jadinya sama kayak versi web :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada duanya kalo soal kenyamanan ngetik, di laptop. Hehehe.

      Waduh, saya mesti cek Blogger Ercan Duman. Penasaran kayak gimana

      Hapus