[Wishlist] Bilangan Fu - Ayu Utami

Assalamualaikum!

Sebelum melanjutkan artikel, saya ingin mengungkapkan rasa senang karena bisa membuat tulisan baru di blog ini. Rasanya sudah lama sekali saya tidak menikmati proses menulis artikel dan berujung tulisan setengah selesai.

Perkenalkan artikel dengan label baru, Wishlist. Artikel ini serupa dengan Wishful Wednesday yang dulu digagas oleh ..... Saat ini Wishful Wednesday tengah hiatus. Jadi, khusus untuk blog saya, kemudian label ini diciptakan.


Apa itu Wishlist?

Wishlist merupakan artikel yang membahas tentang buku-buku yang diinginkan. Bentuk buku bisa fisik atau ebook. Tahun terbit pun tidak terbatas. Buku lama boleh, buku baru juga boleh. Bukunya bisa karya penulis dalam negeri dan karya penulis luar negeri. Dan artikel Wishlist ini akan dipublikasikan setiap hari Jumat.

Kover terbaru, versi 2018

Sebagai Wishlist pembuka, saya memilih buku Bilangan Fu karya Ayu Utami. Novel ini memiliki tiga tokoh utama: Sandi Yuda, Parang Jati, dan Marja Manjali. Cerita berkutat tentang agama, budaya, pemanjatan, mitos, dan cerita cinta segitiga.

Saya ingin buku ini untuk koleksi. Dulu saya membacanya dalam format ebook. Itu pun ketika saya berniat ikut lomba resensi buku ini. Tetapi saya menyerah di tengah jalan karena buntu menulis resensinya. Daripada stres, saya memilih mengistirahatkan otak.

Kover lama, versi 2008

Dua tokoh utama laki-laki dalam novel ini, Yuda dan Parang Jati, sangat mengesankan saya. Karakter mereka sangat kuat baik dari gestur badan, jalan pikiran, bahkan pilihan kehidupan mereka. Percakapan keduanya begitu mendalam karena yang dibahas bukan soal obrolan sepele. Ditambah kemunculan Marja sebagai gadis di antara mereka, kisah dalam novel ini menjadi lebih segar berkat sisi roman-nya.

Isi novel ini tidak ringan. Butuh ekstra proses memahami karena beberapa istilah tidak umum buat orang awam. Biar begitu, novel ini punya jalan cerita yang seru, dramatis, dan mengejutkan.

Buku Bilangan Fu merupakan buku pertama dari trilogi. Buku penerusnya adalah Manjali dan Cakrabuana dan Lalita. Saya tidak sabar ingin membaca kelanjutan kisah Yuda, Parang Jati, dan Marja.

Kover bahasa Belanda, versi 2012

Terakhir, semoga saya segera punya buku ini. Selamat hari Jumat! Selamat Wishlist!

2 comments:

  1. Aamiin, dengan wishlist nya terwujud kak. Saya kadang bikin wishlist ingin buku apa. Cuma ketika udah ke toko buku, wishlist nya buyar, beli yang lain karena banyak buku lain yang meracuni untuk dibeli juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering mengalami begitu juga kalo sudah di toko buku. Hahaha

      Delete